Jumat 12 Desember 2008. Hari pengumpulan tugas makalah RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) dan juga batas akhir pengumpulan nilai TA dari pembimbing ke dosen TA.

Buat masalah RPL, sebetulnya tugas ini adalah tugas kelompok bagian kedua yang tugasnya ngelanjutin tugas pertama yaitu bikin makalah pemograman. Inti tugas ini adalah membuat diagram2 “use case” pemrogaman dan detailnya. Sebetulnya tugas ini ga susah cuman sedikit ribet doang. Kami membuat tugas ini dari nol, artinya dari gatau apa2 soal masalah “use case”. Kenapa ga tau apa2? Biang keroknya adalah si dosen gw ngebahas mata kuliah ini terlalu teoritis, banyak bagian yang ga jelas, nerangin ga jelas, kadang marah2, sering ngantukin, parah deh! Gw jadi inget si dosen pernah ngomong kenapa program Microsoft yg buat bikin slide dikasi nama “Power Point”. Karena slide itu sebaiknya hanya menyertakan titik2 penting yang menarik sehingga audience tertarik mengikuti presentasi dan ga tidur! Hahaha kok jadi kemakan omongan sendiri ya..

Jadi daripada ngedumel dan tugas ga jadi2, gw beserta teman kelompok nyari tau cara ngerjain tugas ini lewat asisten dan minta contoh tugas tahun kmaren. Setelah dapet contoh dari tahun kemaren, anggota kelompok gw yang berjumlah 7 orang ini sampe nginep 2 hari berturut2 buat ngerjain beginian. Arghhh kenapa harus ada RPL?? Kamar gw yang tadinya steril dan rapih jadi berantakan, penuh (bahkan gw suka keluar2 kamar dan tidur diluar), banyak laptop, kucel, banyak iler (buset..). gilee tugas ini dah kayak tugas kaderisasi aja. Yah mungkin inti dari tugas ini bukan di pembuatan makalahnya, tapi membuat kita lebih mengenal satu sama lain (bener ga bu dosen?).

hmm

Disisi laen, seperti yang sudah gw sebut diatas, jumat ini juga ada pengumpulan nilai TA dari dosen pembimbing ke dosen TA. Dan gw belom sempet2 minta nilai dari dosen pembimbing gw sampe H-1 karena kesibukan gw (cieeleehh..), dan karena gw lupa. Kenapa gw telat minta? Sebetulnya selaen karena kedua alasan tadi, gw juga baru tau kalo batas akhir penyerahan nilai itu 12 Desember, damn! Knp gw slalu ga nyatet hal2 penting kayak gini? Suatu saat hidup gw harus lebih teratur.. malem jumat gw telpon lah dosen pembimbing gw sambil mohon2 supaya si bapak dateng ke kampus besoknya (soalnya biasanya janjian sama bapak pas hari jumat sebelum sholat jumat). Percakapannya kira2 gini:

Agung: Pa, saya mahasiswa TA bapak, dan.. (setelah menjelaskan permasalahan dengan bahasa baku ke dosen).

Pa Dosen: oh saya lagi di daerah ……. (lupa gw namanya,pokoknya jauh), dan kalo kamu mau ketemu saya, bisa dateng ke LAPI ITB jam 1 atau jam 2 pagi ga? Soalnya saya mau ambil mobil disana jam segitu, dan besok pagi jam 5 saya mau pergi ke Kuningan Jakarta buat rapat.

Agung: Oh gitu ya Pak. Apa ga ngerepotin?

Pa Dosen: Oh gapapa. Ntar kalo udah sampe, saya telpon.

Agung: Oh yaudah, ntar saya dateng Pak. Makasih Pak!

Gile, freak abis! Sibuk banget ya.. Gw aja ga pernah janjian sama temen jam segitu, dan ini sama dosen?? Mantabh lah! Semangat pa buat kerjaannya dan IPTV-nya juga.. Thanx.

