Dah pada tau angklung kan? Alat musik boros yang cuman punya satu nada dan digerakin cuman di goyang2 itu kurang menarik perhatian. Kenapa? Soalnya boros tempat, boros pemain, cuman punya satu nada, dan beberapa orang bilang suaranya kurang komersial.

Berkat tiket gratis yang UKB dapet, walaupun ujung2nya gw ga dapet gratisan, gw nonton lah konser KPA (Keluarga Paduan Angklung) ITB gara2 udah terlanjur janji. 6 Desember di ITB, 5 menit lagi konser yang diberi nama “Angklung Around the World” itu dimulai dan gw blm dapet tiket dan juga gw baru dtg. Ga disangka, tiketnya dah abis! Kata resepsionisnya, gw disuru nunggu tapi gw masuk daftar antrian kalo ada orang laen yang ga dateng. Oke. Akhirnya peraturan berubah, tiba2 gw boleh masuk tanpa tiket (dan gw masuk setelah lagu pertama selesai) dan tetep bayar pastinya juga dengan janji ga teriak2 di dalem (nggak lah ya..).

Oiya, konsep konser ini tuh menggabungkan lagu2 dunia dan alat musik dunia dengan si angklung. Konser dimulai dengan lagu pembuka dari OST “Good Luck” (salah satu dorama Jepang). Bagus! Gile emg angklung tuh kalo dimaenin bareng2 kyk orkestra dan gabung sama alat2 musik macam drum, dan Celo, apalagi kalo pemilihan lagunya tepat, angklung bisa menjadi alat musik eksotis yang keren bgt, so cool.. Wah ga rugi deh gw dateng, haha (padahal baru 2 lagu).

Setelah lagu pembuka, konser dilanjutkan dengan lagu2 dari Asia seperti OST Kungfu Panda, OST Aladdin, dll. OST Aladdin juga bagus bgt, bau ontanya ga ilang loh, haha. Trus konser dilanjutkan dengan memainkan lagu dari Afrika. Lagu yang gw kenal cuman “The Lion Sleeps Tonight” sama “This Land” yang dipopulerkan oleh Elton John. Dua2nya lagu dari Lion King jadi gw rada2 inget. Btw, lagu “Lion Sleeps Tonight” keren bgt!! Ditambah mba paduan suara yang suaranya kyk Gita Gutawa, bikin gw merinding. Abis jalan2 ke Afrika, angklung maenin lagu dari Eropa. Nah disini banyak lagu bagus2 kyk lagunya “The Corrs” (Irish) yang dibawain bareng2 biola dan seruling irlandia (gw gtau namanya), bikin gw bengong. Temponya cepet bgt! Sayang ga ada tap dance. Trus ada lagu2nya Beatles (England) yang bikin ngantuk tapi bagus. Jadi inget bokap gw yg suka dengerin Beatles walaupun sekarang udah suka lagu2 Indonsia jaman sekarang.. Trus dilanjutin ke Amerika, nah disini cuman dibawain 2 lagu yang pasti dah pada kenal lah, yaitu “New York – New York”, dan “Let’s Get Loud”.

Oke abis keliling dunia, angklung balik lagi ke Indonesia dengan memainkan lagu2 daerah. Sayangnya lagu Betawi ga ada! Damn… Konser kali ini diakhiri dengan lagu dari OST “Good Luck” kyk lagu pebuka tadi. Overall, konser kali ini beda bgt dengan konser2 yang gw pernah datengin, dan bagus banget! Gw salut sama KPA ITB walaupun ada sedikit kesalahan teknis (suara ilang, mic terlalu jauh/dekat) dan non teknis (pemain gitar kadang2 ngaco maennya). Yah gapapa, toh kita semua masih belajar menuju yang lebih baik. Jadi inget unit gw, UKB. Gw harap UKB bisa kyk unit2 di ITB yang udah gede. Hidup BETAWI!!

Advertisements