kesotoyan org emang luar biasa

kejadiannya gini, gw suatu ketika di masa lalu, mengirim pesan send-all dari temen gw lewat YM yang isinya kira2 gini:

harap kirim ke semua, musuh Allah dan rasul-Nya telah terbakar. (lupa lanjutannya)
di mimpi suatu orang di (gw lupa tempatnya), mereka yang tidak menginformasikan ini akan mendapat sesuatu (semacam ganjaran buruk).
beberapa hari kemudian di pesan offline YM, salah satu temen gw bilang, “makannya belajar agama!”
dan orang itu bernama… (yah sudah lah!!)
ok.

gw ngirim pesen ini ke temen2 elektro gw karena gw ngehargain temen gw yg ngirim ini ke gw (temen deket gw).

ada kemungkinan berita ini benar. gini2.. gimana si cara ngecek berita itu hoax atau bukan?? kadang, orang yang ga suka ngeliat suatu berita tertentu, yang mereka pikir itu konyol, atau yang tidak sepaham dengan jalan pikiran mereka, atau berita yang ekstrim mendadak, atau berita yang bersifat magis. suatu kesimpulan yang dapat mereka ambil,, ya HOAX tuh!! gw bilang, yakin lo??!! walaupun gw ga yakin berita ini benar, gw cuman ngasitau mereka saja, dan mereka tinggal menyimpulkan sendiri. cek sendiri.

inget ga sama cerita nabi2. para nabi menceritakan sesuatu yang magis (seperti balasan di akhirat), sesuatu yang diluar akal, masa depan yang suram (seperti bencana), dan kesenangan apabila ada yang mengikuti perintah Allah. masi inget ga?? di sana tuh ada seonggok org yang sotoy, dan bilang kalo para nabi itu hanya pembual doang! setelah itu, mereka yang sotoy-luar-biasa-ga-ada-tandingannya itu mendapat azab di kemudian hari..
dan jaman sekarang org2 cuman bisa bilang, HOAX tuh! tanpa ngecek muaranya.

gw cuman mw bilang, sama semua org, “jangan cepet sotoy y!”
org2 yang ngirim berita2 semacam ini (termasuk gw) cuman memberikan informasi. gw ga ada maksud laen. dan terserah org mw menginterpretasikan berita itu kyk gimana.
jangan sok menilai org yang ngirim itu kyk gimana (yang harus dinilai itu beritanya bung!).
jangan cepat mengmbil kesimpulan, makannya ya jangan suka nonton acara gosip.. haha. kalo suka nonton acara gosip (kyk gw), kalean harus cerdas dan cadas!!
dan kalo sering nonton acara gosip, ingatlah pepatah inggris (bisa jadi pepatah solo yang di-inggris kan.. who knows) yang sering kita denger dan sering dianggap kyk “omelan nyokab sendiri” itu emang manjur: “don’t judge book by its cover!”

——kesotoyan laen——


gw lumayan sering tuh naek kreta parahyangan bisnis. nyari kendaraan murah ke bandung soalnya gw sering bgt bolak-balik bandung-jakarta buat les CCF.
anehnya, setiap gw mw duduk, eh pasti ada org yang udah nempatin tempat gw, ya mungkin dia pingin punya kesempatan ngobrol sama gw walaupun sebentar kali ya.. hehe
tertanyata tidak begitu sodara2! ternyata mereka itu sotoy!

pernah suatu ketika ada ibu2 yang nempatin tempat duduk gw, pas gw mw duduk disitu dan gw bilang, “maap bu ini tempat saya” dia bilang dengan muka sinis (bayangin: udah ibu2, sotoy, sinis pula! ga ada bagus2nya! apa kata dunia!) “yaudah lah tempat laen aja! kosong ini!”
damn!
gw cari tempat laen yg ga jauh2 dari tempat org tadi. rencana gw, pingin foto dia pake kamera gw, dan gw masukin blog gw!
eh gagal.. hehe, maap ya fren!!

lanjut cerita, pas kereta api gw dah sampe ke stasiun berikutnya, ada segerombolan muggle dari stasiun Cimahi masuk. penuh sesak. dan ternyata ada kakek2 yang berhak duduk di tempat yg gw tempatin ini. gw pindah dong.. dan gw samperin ibu2 tadi dengan muka melas males campur bahagia, sambil minta tempat duduk gw.
di ujung pembicaraan gw sama ibu2 sinis tadi, gw bilang, “makannya duduk pada tempatnya bu..”
hahahaha
PUAS GW!!

Advertisements